5 hal yang bikin customer itu males untuk belanja.
Mengapa Customer atau pelanggan males ketemu anda, malas untuk bisa berinteraksi lagi dengan anda, kalau nomor telepon anda muncul dia akan reject atau tidak dianggap. 5 Teknik ini adalah lima teknik yang sejujurnya digunakan oleh banyak orang dan 5 Teknik ini kalau anda lakukan customer bukan hanya males atau tidak suka tapi akan menambah ketidaksukaannya terhadap produk yang anda jual. Intinya 5 hal ini akan membuat customer anda males untuk belanja produk anda.
1. Ada sebuah persepsi bahwa kalau orang jualan harus pinter.
Hal yang pasti yang muncul di kepala kita adalah orang jualan itu harus pinter ngomong, harus pinter cerita dan harus pinter meyakinkan. Kenyataannya yang bagus itu bukanlah yang pinter ngomong tapi yang pintar tanya. Penjual yang bagus itu bukan yang pintar bicara tapi pintar bertanya. Nah banyak teman teman itu tidak bisa berhenti ngomong. Kita tidak dikasih kesempatan, mereka cerita panjang lebar ngomongin ngalor ngidul sana-sini yang sebetulnya tidak ada manfaat untuk kita dan kejadian ini membuat orang yang dengar atau orang yang ketemu anda lama-lama melihat punya persepsi aduh saya kok ngapain ya buang waktu ketemu sama dia, menceritakan tentang diri dia, menceritakan tentang sesuatu yang tak ada hubungan dengan saya, llalu kemudian mau dipaksa closing.
Saya baru ketemu dengan orang asuransi yang telemarketing via telepon dan ngomong banyak banget. Tapi menurut saya itu nggak bener, saya kurang tertarik. Dia membuat orang ilfeel
2. Ada sebuah persepsi dimana orang sales itu harus pintar meyakinkan.
Benarkah kita bisa meyakinkan orang? Kalau ada orang yang tidak mau membeli, anda meyakinkan sampai dia mau? apakah itu memungkinkan? Pengalaman saya It's not possible. Kita tidak bisa kita meyakinkan seseorang yang tidak mau membeli kecuali dengan dua cara memaksa atau memelas. Kalau enggak memelas pasti memaksa. Akhirnya orang tersebut mau tapi bukan karena orang itu butuh, karena nggak enak dan kasihan. Ubah pola pikir anda supaya anda tidak perlu menyakinkan. Apa yang bisa kita lakukan? Anda harus tahu kebutuhan setelah itu kasih tahu bahwa solusinya ada di produk anda.
Contoh Saya akan menjual sebuah DVD ini. Di DVD ini isinya ada 8 yaitu aAda entrepreneur mindset, bisnis, psikologi strategi, proses bisnis structure, rekrutmen dan lain lain. Sekarang saya mau nanya bagaimana sayameyakinkan anda untuk membeli DVD ini. Gimana caranya? Apa harus bilang “ Ayo Pak beli, pak ini bagus, banget keren banget, luar biasa. Sangat sangat sulit sekali dengan cara ini saya bisa menjual DVD tersebut. Apalagi harganya mahal banget apalagi harganya mahal banget. Itu akan sangat sangat susah tapi kalau saya bertanya kepada anda ” apakah anda memiliki problem dengan tim?” Kalau Anda jawab “ya” lalu kemudian saya tanya lagi “Apakah anda memiliki struktur organisasi yang benar?” kalau ada bilang “ saya nggak tahu” . Kalau saya bilang gini “Pak saya punya DVD yang isinya ada enam teknik bisnis, Disitu saya mengajarkan bagaimana cara menciptakan bisnis structure yang benar tujuan bisnis structure adalah agar Bapak bisa menguasai profit bisnis dan terakhir mendukung profit anda, salah struktur bisnis anda akan salah tidak efisien ya bolak-balik kerjanya tapi business structure ini bisa mengajarkan anda untuk membuat struktur bisnis yang lebih efisien”.
Apa bedanya dengan saya meyakinkan anda beli dengan saya memahami apa problem anda lalu yang menunjukkan apa yang ada di dalam produk saya. Kenapa? karena anda akan memutuskan berdasarkan kebutuhan dan merasa ini adalah the best solution atau tidak.
3. Jual Diri
Berapa banyak sales yang jual diri mereka artinya banyak menceritakan tentang dirinya sendiri, mereka menceritakan tentang background-nya pengalamannya, kehebatannya, mungkin pendidikannya, sertifikatnya, pernah ketemu siapa, Kadang-kadang yang namanya pengalaman itu penting tetapi customer selalu akan memiliki satu pertanyaan di kepalanya pertanyaannya adalah What in it for me for me kamu cerita tentang background kamu “itu gunannya untuk saya apa?”
Kalau anda adalah seorang dokter cerita saya di pendidikan di sini saya sekolah di sini ada cerita Anda, terus apa gunannya bagi saya kalau nggak ada hubungannya nggak ada untungnya buat customer cerita anda tidak ada artinya berarti jual diri anda akan membuat customer malas beli.
Ada kisah nyata ada satu kejadian ada orang yang saya ajak kerjasama. Ceritanya ada seorang motivator baru bergabung atau bergelut di dunia motivasi . Dia masih muda baru lulus tahun 2000 mengikuti neuro linguistic programming di Australia pulang ke Indonesia lalu kemudian ngobrol dengan saya. Dia bilang saya background-nya ini , saya ini saya itu dsb. Pendidikannya adalah engineering lalu kemudian dia juga mengerti dan menguasai Operation excellent lalu kemudian dia bilang saya baru belajar new linguistic programming sampai Master level dan belum praktek sama sekali . Dia memberikan motivasi dan kalau dia memberikan pelatihan atau coaching hasilnya pasti bagus katanya. Saya tanya apakah kamu yakin kamu bisa kombinasi ini dengan programming dengan saya? kalau kau bisa, saya ajak salah satu klien saya untuk ketemuan karena beliau kebetulan membutuhkan apa yang terjadi begini.
Kalau bapak bantuin saya kira-kira gimana? Dia bilang itu profit nya per jam itu bisa 100 juta,
Saya dengar dia ngomong kayak gitu nggak salah nih pengalaman baru 34 tahun belum pernah jadi motivator belum pernah berada di dunia consulting lalu kemudian berani menjudge kira-kira 100 juta per hour ini menurut dia agak sedikit. Menurut saya ini aneh. saya tanya kebutuhan yang nilainya dapat referensi 100.000.000 per jam itu dari mana gitu. Oh itu harga pasaran pasaran jawabnya. .
Rupanya di Australia dia diajarkan untuk jual mahal untuk memasang harga tinggi sekali yang di bilang ke saya kalau memasang harga tinggi di nego nego paling separo lumayan juga ya 50 juta di nego nego lagi 90% aja masih luar biasa.
4. Menjual produk mahalnya minta ampun
, terus dia bilang “ tapi kalau mau gabung MLM beda harganya, lalu saya ditawarin 1 pack kalau harga umum 10.000 dolar tapi kalau kamu join sekarang cukup 9999 dollar.
Saya bilang What's the point? Apa maksudnya? apa lagi anda jual mahal untuk sesuatu yang belum tentu orang butuh kan. Ya itu bisa anda mungkin lakukan jikalau anda sudah top terkenal.
Misal kayak Tony Robbins mengatakan dia bilang Sorry saya memang 1000.000 dolar per tahun. Untuk coaching nya 1000000 dolar setahun dan ada ketemu dengan beliau 1 bulan 1 kali dengan convention hall penawar jadi 12 kali ketemu 12 kali pun section dengan Toni romiti itu dipakai nggak dipakai banyak yang mengambil.
5. janji palsu
Kalau anda adalah seorang serius, intinya bisnis yang dibangun berdasarkan kepercayaan. bisnis is trust. Kalau Anda nggak bisa dipercaya, bagaimana anda bisa memastikan hubungan yang jangka panjang apalagi kalau anda jualan Janji Palsu, janji surga nggak ada yang bisa anda penuhi lalu kemudian suatu hari anda ditagih kita gak bisa penuhi seumur hidup teman-teman kalau ini adalah sesuatu yang menurut saya penting untuk Anda ini