7 Hal Untuk Membuat Bisnis Anda Booming
Kalau anda belajar tentang starting sebuah bisnis. Anda saat memulai bisnis Anda mulai belajar sesuatu kemudian misalnya dari pegawai menjadi pengusaha yang sebelumnya anda sudah ada sistem, sudah ada aturan. sudah ada yang memikirkan kemudian tidak memikirkan cash flow saat memulai sebuah bisnis.
Ada satu yang membuat anda berbeda. Satu hal tersebut yaitu belajarnya makin banyak anda belajar makin banyak anda tidak tahu sebetulnya semakin bagus artinya semakin banyak kita nggak tahu kita jadi lebih agresif untuk belajar. Apakah bisnis anda lebih kecil atau lebih besar semua memiliki kebutuhan yang sama yaitu tentang pengetahuan mata uang baru. Kalau dahulu, informasi adalah mata uang baru dan sekarang apa pengetahuan adalah mata uang baru.
Banyak orang memiliki target market yang terlalu general (terlalu umum). Ada 7 Hal yang bisa anda lakukan untuk membuat bisnis Anda Booming.
1. Buatlah target market yang sangat sangat spesifik
Anda membuat target market dalam bentuk Persona. Apa itu Persona? artinya anda deskripsikan target market anda dalam bentuk sosok manusia. Carilah customer anda yang paling ideal lalu kemudian anda bedah manusia tersebut. Misal Siapa namanya? Berapa umurnya? jangan range umur tetapi aktual umur.
Misalnya namanya siapa Tom, Nama lengkapnya Tom MC ifle , umurnya berapa 45 tahun kemudian profesinya profesional pengusaha, punya anak tiga , Anaknya umur 1 tahun, 2 tahun 3 tahun dan seterusnya.
Kemudian yang dia inginkan dalam hidup apa? Misal yang saya inginkan dalam hidup adalah kontribusi ke masyarakat , ke bisnis owner, sebanyak mungkin kemudian ketakutannya apa? misal ketakutan terbesar saya adalah kalau saya tidak bisa memberi contoh baik untuk anak saya ketakutan terbesar mereka siapa? Ketakutan terbesar saat membeli produk anda apa? Apa catatan terbesar dalam memakai produk anda?
Jadi deskripsikan secara lebih detail dan lebih rinci. Bukan hanya demografi psikografi dan suratnya tapi lebih ke personal manusianya. Seperti apa keinginannya mereka.
Misalnya anda sudah dapat Persona seperti saya, menurut anda apa produk yang membuat saya tertarik? Aapa kira-kira produk yang bisa membuat saya tertarik? Karena saya takut tidak bisa memberi contoh.
Dengan persona yang sudah anda kumpulkan dari saya lalu pertanyaannnya anda bisa tidak jualan alat kesehatan supaya saya bisa panjang umur? Tentu bisa.
Kira kira saya tertarik tertarik? Jawabnya pasti tertarik.
Bisa nggak menjual produk yang bisa membantu saya belajar cepat? Tentu bisa.
Jadi itu adalah teknik-teknik yang sangat sederhana sangat simpel memang mungkin sifatnya nggak terlalu umum tetapi sangat powerfull oke itu cara kita melakukan segmentasi pasar jadi saranku yang pertama jangan cari target market yang umum tapi cari target market yang sangat spesifik. Bila perlu 1 orang yang mewakili target market anda.
2. Improve your business analyst dengan tambah ilmu anda.
Dapatkan ilmu bisnis dari berbagai sumber. Banyak yang mengatakan bahwa bisnis owner yang mendengarkan CD atau video buku setiap hari , 50% lebih mampu bersaing daripada yang tidak pernah audio CD. 50% dari orang yang mendengarkan Life seperti ini mereka memiliki kecerdasan yang jauh lebih dahsyat daripada yang gak pernah mendengarkan audio book show trik yang kedua adalah improve your business analyst perbaikilah, tambah ilmu, tambah ilmu, tambah ilmu, bisnis apapun caranya sekarang jaman nya sudah k enak , ada YouTube, ada podcast, ada macam-macam ada bisa belajar segala macam dengan harga yang sangat murah, lebih bagus lagi kalau anda mengikuti sebuah seminar. Banyak juga seminar murah dan menarik yang tentunya harga seminar bergantung dari apa yang diberikan. Makin mahal tentunya pasti makin berkualitas lalu
3. investigasi pasar
Kalau saya menyarankan biasanya nomor 1, PR yang saya minta kepada bisnis owner adalah turun lapangan seperti investigasi pasar kalau perlu lihat kompetitor kita. Mencari tahu apa-apa yang menurut mereka bagus dan apa yang kita kurang bagus kita perbaiki. Kita cari perbedaannya
4. Service Plus One
Service plus one artinya setiap kali memberikan pelayanan atau setiap kali anda memberikan layanan atau customer membeli produk anda. Maka harus ada ekstra satu yang menjadi surprise untuk customer. Surprise apapun itu bentuknya misalnya kalau anda minta diantaratau ada janji jam 9 maka anda datang jam 8 itu sudah service + one. Anda jualan satu produk anda berikan extra bonus satu sampel itu juga sudah service plus one.
5. Belajar Keuangan
Keuangan adalah bahasanya bisnis. Makin kuat keuangannya semakin anda bisa membangun bisnis secara lebih intensif, lebih agresif dan lebih berbobot. Pengetahuan tentang keuangan akan membuat bisnis anda booming
6. Networking
Networking adalah aktivitas yang harus menjadi rutinitas. If you are not networking so you are not working. Anda tidak melakukan networking maka anda tidak bekerja. beda dengan turun lapangan. Turun lapangan itu bukan networking, turun lapangan artinya anda menemukan tren yang terjadi di market. Sedangkan Networking adalah anda mencari teman baru, bergaul dengan orang yang lebih sukses dari anda dan membuat mereka mau berteman dengan anda.
Networking tidak selalu harus jadi teman belajar. Misal nggak bisa jadi teman belajar maka bisa jadi teman ngobrol atau bisa jadi suatu hari dia mengajarkan kita sesuatu hal yang baru kenapa nggak? atau bahkan bisa jadi partner bisnis.
7. Memperbaiki atau belajar tentang continuous improvement,
Belajar tentang teori continuous improvement apa yang bisa anda lakukan untuk melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Kalau di Toyota namanya Kaizen kalau di bisnis anda mungkin anda belajar tentang quality control improve lah quality control di bisnis anda supaya anda bisa mengimprove produk anda.
Sekian artikel tentang 7 hal yang membuat bisnis anda booming. Semoga bermanfaat.