5 Alasan Kenapa Toko OnLine Anda Sepi dan Solusinya
Hari ini kita akan berbicara mengenai 5 alasan kenapa toko online Anda bisa sepi. Silakan simak penjelasannnya.
1. Anda tidak membangun list
Alasan pertama adalah Anda tidak membangun list. Wah ini kedengarannya aneh kok bisnis online bisa nggak punya list?. Percaya atau enggak Saya punya teman, Dia jualan online tapi karena dia jualannya lewat chat, Dia nggak pernah berpikir untuk membuat list. Mungkin mereka bilang “Kan ada di kontak saya”. Masalahnya kontak anda itu cuma nomor telepon saja tapi tidak ada list customer atau teman, Anda jadikan campur aduk. Jadi pada saat dia mau broadcast atau mau follow up setengah mati susahnya. Saran saya kalau anda misalnya punya list customer di Whatsapp, anda bisa pakai handphone yang berbeda, jangan dicampur dengan handphone pribadi. Oke minimum seperti itu yang harus anda lakukan. Jadi anda bisa broadcast sendiri dan tahu bahwa semua yang ada di handphone yang itu adalah customer anda.
Tapi ada salah satu lagi yang menurut saya keunggulan dari bisnis online adalah Anda bisa membangun list email. mungkin anda bertanya “Pak kan tak banyak yang baca email?” Siapa yang bilang?
Oke kalau email sudah besar mungkin 10.000 atau 20.000 atau bahkan 100 ribu bahkan ada yang lebih banyak, itu tetap dibaca orang. Oke jadi pastikan anda bisa membangun list menggunakan email juga . Jadi ada email, ada telepon, Whatsapp. Jika kalian punya website anda juga bisa bangun yang namanya notification list.
Misal anda bisa mengirimkan notifikasi kepada customer kalau anda mengadakan update produk anda. Customer akan mendapatkan notifikasi langsung.
Pastikan anda bangun list karena dengan membangun list. Anda bisa kembali bertemu dengan customer anda dan secara psikologi orang yang sudah pernah membeli sekali kepada kita, dia ada kemungkinan besar untuk membeli kedua kalinya.
2. Anda kurang kreatif.
Yang kedua sebab utama kenapa bisnis anda bisa sepi. Alasannya karena anda kurang kreatif. Maksudnya apa? Saya kasih contoh kemarin waktu kita seminar, saya melihat salah satu pebisnis online yang menggunakan Instagram. Dia memiliki salah satu toko yang menurutnya secara offline cukup terkenal tapi begitu saya melihat Instagram. Itu fotonya itu itu aja. Jadi yang dipajang misalnya barangnya itu aja. Biasanya kalau dijual sepatu isinya cuma sepatu-sepatu 1 biji itu semuanya.
Bisa dibayangin gak kalau anda misalnya punya toko yang isinya kayak gitu semua. Jadi cuma etalase di taruh gitu. Contohnya anda ke “Mangga Dua”. Saya kenal ada yang punya toko baju, nah jadi kebanyakan itu bajunya cuma dipajang kayak gitu. Jadi campur aduk gak jelas, gak ada kategori dan nggak kelihatan menarik.
Nah sekarang Apa bedanya toko-toko yang ada di mall-mall. Bedanya itu di mana? Ya bedanya di penataan. Oke nah itu yang membuat kenapa orang lebih senang belanja di situ dibandingkan dengan kalau penataannya berantakan. Bagaimana cara anda menata misalnya kayak di Instagram, online shop? Menata yang baik itu pastikan itu ada tema nya.
Ada beberapa akun yang menurut saya cukup menarik kalau di Instagram Anda bisa juga dibikin baru tampilan nya IG atau juga biasanya ada follow Brodo atau Ittaherl , kedua akun IG ini cukup menarik menurut saya.
Anda bisa cek di situ bagaimana cara mereka menata, apa akun Instagramnya sehingga terlihat menarik. Pastikan anda punya ide-ide yang baru dan tidak cuma itu-itu saja.
3. Branding anda kurang jelas
Kenapa bisnis online shop Anda bisa sepi yaitu branding anda kurang jelas atau bahkan lebih parah anda tidak punya Brand sama sekali. Anda mungkin bilang “Tapi kan saya punya merk Pak? saya punya logo Pak? Mungkin banyak orang mikir branding itu adalah logo dan merek. Mungkin betul ! Saya dulu juga mikir seperti itu tapi branding itu sebenarnya lebih daripada itu.
Branding itu sebenarnya adalah persepsi-persepsi apa yang dilihat customer terhadap produk anda atau brand anda itu. Jadi brand itu seperti manusia ada identitas contoh misalnya kalau saya ngomong brand Nike apa yang terlintas di otak anda? Mungkin anda itu langsung jawab atlet ya kan? Sponsor pelari profesional atau juga sponsorin orang main basket. Itulah branding.
Meskipun Produknya sama tapi pakainya beda beda. Sama juga dengan anda, anda mungkin berpikir “Pak saya kan cuma jual hijab”. Oke tapi ada yang berbeda karena misalnya hijab yang anda jual adalah hijab yang orang kerja, ada hijab, anak SMA, pakainya beda-beda.
Oke Anda harus berpikir sesuatu, masuk ke market itu apa yang membuat beda dengan yang lain. Orang bisa melihat bahwa anda berbeda dengan orang lain oke dan Itulah sebabnya kenapa orang-orang mau nyari brand anda tersebut.
4. Anda tidak memahami tren pasar
Alasan selanjutnya adalah Anda tidak memahami tren pasar atau persaingan. Ini yang menarik karena sangking fokusnya membangun yang dibikin produk terus, yang dibikin produknya selama 5 tahun 10 tahun, modelnya gitu-gitu aja, Menurut kalian gimana?
Jika Kalian nggak ngikutin trend pasar sekarang ini, kira kira bisa nggak?. Kalau zaman sekarang saya kira sangat susah bahkan beberapa produk komoditi Contohnya seperti McDonald, begitu dia masuk pasar lokal, bikin produk untuk pasar lokal jadi untuk setiap pasar maka anda harus bisa beradaptasi dan melihat tren nya apa?
Oke saya rasa itu merupakan sesuatu yang sangat spesial bagi anda dan juga paling gampang. Kalau anda bingung tren sekarang itu apa, cek saingan anda.
Oke so itu adalah salah satu alasan kenapa bisnis anda bisa sepi alasan terakhir
5. Anda biasanya tidak mau belajar
Kenapa bisnis online Anda bisa sepi yaitu anda biasanya tidak mau belajar tidak mau belajar. Ini agak berat maksudnya kenapa? Pada saat kita ngomong tidak mau belajar, bukannya tidak mau belajar tapi kebanyakan orang mikir ini mereka sudah tahu semuanya, nggak usah belajar lagi. Jadi saya nggak perlu masukan dari orang lain itu adalah hal yang akan membuat Anda tidak bertumbuh.
Kenapa belajar? ya karena kita harus selalu mempunyai sikap sebagai seorang pelajar. Saya selalu belajar dari siapapun bahkan kepada anak-anak yang baru memulai bisnis Online. Saya belajar juga dari anak 17 tahun yang jualan sepatu, jualan baju, 1 bulan yang menghasilkan bisa 100 juta dua ratus lima puluh juta padahal baru 17 tahun. Saya rasa waktu saya 17 tahun mungkin kita masih mikir gimana caranya skip dari kelas. Tapi dia sudah bisa make money.
Saya rasa kita semua pasti bisa belajar sesuatu dari dia. Nggak perlu berpikir dia umur berapa, dia baru mulai bisa atau nggak tapi setiap orang yang punya kelebihan. Itu patut untuk dipelajari. Jadi jangan pernah menutup diri anda. Kalau saya salah satunya, saya selalu beli buku atau audiobook, datang ke seminar-seminar.
Saya datang ke workshop ketemu dengan orang-orang baru. Kita selalu ada event yang bisa membantu anda atau mempertemukan anda dengan ilmu-ilmu baru, teman-teman baru dan networking baru. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk belajar karena anda bisa belajar dari mana saja.
Oke itu adalah 5 Sebab utama Kenapa bisnis online Anda bisa sepi dan solusinya.
Demikian 5 alasan kenapa toko online Anda bisa sepi. Semoga bermanfaat.