Cara Menjadi Dropship Online Yang Sukses
Halo, berjumpa lagi bersama saya. Kesempatan kali ini saya ingin membahas lagi tentang Dropship di market place. Langkah-langkahnya seperti apa supaya sukses? Karena pada tahu sendiri algoritma market place selalu berubah setiap waktu. Bagaimana melewati algoritma market place yang berubah-ubah ini? Apalagi untuk anda pemain-pemain dropship terutama agar bisa bertahan di market place.
Bagaimana caranya? langsung aja ya teman-teman, kita tarik dari ke belakang tahun 2008. Pertanyaannya :” apakah sama market place dulu dengan sekarang?. Ketika dulu tujuan market place pertama itu adalah mempertemukan pedagang dan pembeli ke dalam wadah tentunya market place. Platform ini akan mempertemukan pedagang dan pembeli dan tidak mungkin dong pedagang dipersulit atau pembeli dipersulit. Market place dibuat untuk semudah mungkin se aman mungkin.
Di tengah-tengah berjalannya pedagang dan pembeli bertemu, muncullah makelar seperti saya, yang memanfaatkan waktu kami untuk berjualan, untuk mencari penghasilan. Menjadi makelar atau bahasa keren nya dropship, Saya mencari produk di Toko Pedia, saya ambil datanya, gambarnya, deskripsi judulnya, beratnya, harganya lalu saya pasang pada marketplace yang lain. Misal aku ambil dagangan atau barang yang jual di Buka Lapak atau jual di Shopee dan lain-lain lalu saya upload dan saya jual ke parket place lain.
Nah semenjak adanya banyak masalah di market place maka semakin kesini semakin di per ketat sistemnya. Jika kita tarik garis: kenapa di per ketat? Siapa yang di per ketat? Pembelinya kah, pedagang nya atau makelar-nya. Kalau menurut teman-teman apa? Tentu teman-teman tahu jawabannya itu adalah makelar-nya. Kenapa di per ketat karena waktu dulu itu termasuk saya pribadi, saya menjadi pemain dropship/makelar yang spam artinya saya membikin toko yang banyak, foto produk-produk yang banyak.
Pada waktu itu saya punya 200 toko. Masing masing toko isinya 10.000 produk dan satu produk isinya 33 sampai 54 gambar. Kalau di hitung berarti 33 * 10.000 = 30.000/ satu toko. Jadi ada 30.000 foto yang masuk tiap toko. Jika ada 200 toko maka 30.000 * 200 = 6000.000 foto. Banyak sekali foto kan?
Jadi satu orang makelar itu foto banyak banget masuk. Itu baru satu makelar, padahal dropshipper lain yang selama ini sama seperti saya banyak sekali. Itu menyebabkan servernya shopee keberatan.
Banyak masalah sistem dropship dan akhirnya saya merubah cara kerjanya menjadi optimasi. Langkah-langkahnya bagaimana biar anda terutama para pemain dropship biar bisa bertahan atau menerjang algoritma algoritma seperti itu.
Jadi pada dasarnya untuk menjadi pemain dropship yang sehat yang bisa anda nikmati jangka panjang yang bakal nanti bisa melewati algoritma-algoritma, bisa aman terus sampai jangka panjang itu polanya sebagai berikut.
1. Samakan stok antara dropshiper dengan supplier.
Kenapa? karena kita dropship kita harus menyamakan Stok dengan suplier? Hal itu biar sejak hari itu stok-nya sama. Terus kalau kita beda misalnya sekarang langsung ada 100 produk, ,maka kita juga 100. Bagaimana kita ambil besok kalau kita tidak cek stok-nya.
Misal barang kita sudah laku tapi ternyata kode yang sudah habis di suplier. Otomatis kalau kita menolak pesanan lama-lama rating menurun, bikin hancur bikin dan lagi capek lama-lama seperti itu.
2. Tampilan visual harus berbeda
Kenapa tampilan visual harus beda? Tampilan berbeda biar terkesan seolah-olah di mata-nya market place kita itu benar-benar berdagang murni. caranya gambarnya bedakan, judul juga kita bedakan, deskripsi kita bedakan, variasi yang bagus dan lain-lain.
3. Pilih supplier
Langkah-langkah berikutnya yang anda harus dikerjakan ketika anda ingin menjadi dropshiper yang benar-benar sehat atau yang jangka panjang dan ini berguna juga buat anda yang punya produk sendiri, yang main di market place adalah tentukan dulu pilih dulu suplier. Pilih yang benar -benar bagus. 1 supplier aja dulu mulai dari satu toko dulu tak usah banyak-banyak satu toko aja. Kalau ketemu jangan langsung bikin 150 nanti kerjakan dulu yang benar, jika banyak banyak malah tidak ter-optimasi semua. Jadi buat satu aja dulu.
Pilih satu supplier di satu toko anda yang paling bagus. Karena kita mencari satu supplier maka pilihlah yang terbaik, yang terbagus, yang paling cepat respon-nya, yang bisa resi otomatis, dan lain-lain. Produknya tidak usah banyak-banyak mungkin dibawah 1.000 saja. Terus anda cari supplier yang kode-nya bagus yang rating-nya bagus, dan harus bisa cetak resi otomatis. Karena nanti semua itu penting. Misal anda order/pesan lewat whatsapp nanti anda order lewat sana dengan resi otomatis.
Karena supplier ini adalah nyawa nya kita, cari yang terbaik, banyak yang tanya “Mas saya mau menjual produk apa yang laris ya di market place?” Kalau saya bilang saya enggak pernah mencari produk ter-laris. Saya hanya fokus mencari supplier yang keren yang bagus, yang katanya keren yang bisa resi otomatis ketimbang saya nyari produk yang laris.
Beda kalau kita mencari supplier yang benar benar bagus. Pasti kan di dalam toko itu ada produk ter-laris, jadi tidak perlu repot mencari. Cari aja supplier dulu yang bagus.
4. Buat toko se-menarik mungkin
Anda bikin toko se-menarik mungkin, bikin toko yang bagus, fotonya bagus deskripsi toko-nya bagus. Kalau bisa ditambahkan "condition head line" agar Se-menarik mungkin, biar orang orang merasa toko anda itu profesional.
Berikan informasi keterangan toko se-informatif mungkin misalnya seperti jam kerja, jam pelayanan dan lain sebagainya. Teman-teman ambil datanya dari supplier masukkan ke toko anda di market place dengan edit fotonya jangan malas ya. Hanya sekali doang, capek-nya di awal doang, edit fotonya se-menarik mungkin, kasih bingkai yang bagus kalau perlu diganti se-menarik mungkin karena foto itu jika jelas bagus maka juga mempengaruhi penjualan.
6. Pilih judul dengan kata-kata yang nyambung dengan produk anda
Jadi ketika anda upload itu teman-teman perhatikan fotonya perhatikan judulnya. Pilih judul dengan kata-kata yang nyambung dengan produk anda dan memiliki volume pencarian yang banyak dan maksimal-kan panjangnya judul semaksimal mungkin kalau di shopee 100 kalau di Toko-pedia kalau nggak salah 70 karakter kalau di Bukalapak nya 150 karakter. Maksimal-kan semua dengan kata-kata yang relevan yang sesuai dengan produk anda dan juga harus mempunyai volume pencaharian yang banyak.
Anda naik-kan sekiranya yang bisa masih masuk akal misal 10% . bisa jadi 30% bisa jadi sesuai dengan produknya. Misal harganya 10.000 atau ratusan ribuan, jutaan harus disesuaikan. “Kira kira aku naik-kan 2,000 masih pantas tidak? Teman-teman juga silakan cek deskripsi-nya supplier variasi di kasih sekalian variasi-variasi nya, biar lebih memudahkan pelanggan atau pembeli.
Teman-teman periksa satu per satu produknya itu cari video di YouTube yang video-nya berhubungan dengan produksi itu. Misalnya video-video review produk tersebut. Anda masukkan juga ke produk anda , judulnya apa? video-nya edit dulu video-nya kasih suaranya, kasih musik terus kasih water mark tulisan toko anda itu yang keren.
Tugas anda setelah upload adalah pantau stok-nya. misal Tas ternyata kosong di supplier-nya maka kita kosongkan juga di toko kita, deskripsi-nya harus berubah ya!. Misalnya warna produk tas warna ping merah hijau itu habis maka teman-teman juga harus habiskan alias kosongkan juga yang warna ping kayak seperti itu. Pokoknya kita pantau.
Secara tampilan harus beda namun secara stock harus sama. takutnya begini, Kita iklan di market place tidak selalu bisa, anda iklan produk terus pokoknya tapi mungkin stok habis, percuma dong? Tujuan iklan kan untuk membuat rating. Yang pokok itu bagus rating-nya yang ujungnya banyak yang pada beli. Stock aja tidak diperhatikan bagaimana mau bagus. Jadi anda wajib pantau stok-nya di supplier dan samakan dengan toko kita.
Oke selanjutnya teman-teman harus siap di pelayanannya pelayanan fast respon. Yang ramah melayani dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena aku sendiri merasakan. Misalnya aku beli di market-place sebuah barang, Ketika aku nanya ke toko kapan dikirim terus lama sekali dibalas. Ketika dibalas dia bilang “ini lagi tidak ada atau warnanya yang itu habis jadi tidak bisa dikirim hari ini.” Orangnya seperti ini termasuk orang yang tidak respon. Ketika aku tanya produk yang lain, tanya produk sejenis yang lain atau toko yang lain berharap cepat di-balas dan ternyata dibalas cepat. Tebak aku akan beli ke mana? Jelas aku beli yang toko seperti ini. Biasanya aku beli ke toko-toko yang respon cepat selain tadi memperhatikan ulasannya dan lain-lain aku pasti cari yang cepat. Kuncinya menjadi pelayan fast respon itu juga penting.
Selanjutnya teman-teman coba pakai teknik-teknik yang lain seperti garis coret. Misalnya produk anda harganya 100 lalu anda coret menjadi 60000. Hal itu lebih menarik ketimbang hanya 60.000. Contoh lain yang menarik adalah anda kumpulkan beberapa produk jadikan satu harganya 10.000 sampai dengan 100.000. itu juga bisa bagus. Silakan pakai teknik-teknik seperti itu. Teknik seperti itu banyak banget. Anda bisa mengembangkan sendiri.
Selanjutnya apa teman-teman juga tidak ada salahnya sharing ke media sosial teman-teman. Toko anda itu sharing kan ke sosial media ke teman-teman anda dan lain-lain biar lebih membangun rating juga. Juga bisa numpang lewat ke yang lain ke Instagram anda ke Facebook anda.
Teman-teman boleh pakai iklan juga untuk cepat proses membangun toko-nya teman-teman. Untuk membangun toko itu butuh iklan. Kenapa? Jika anda ingin membangun toko online maka butuh orang yang datang, butuh orang yang melihat, bisa jalan, dan iklan bisa menjadi salah satu alat yang paling ampuh.
Ada berapa teknik iklan, teman-teman harus mencoba dulu, jangan asal iklan nanti takutnya merugikan teman. Harus perhatikan iklan seperti apa iklan yang baik produk yang di-iklankan tersebut nanti yang mana? Kiranya yang penjual-nya bagus yang kayak bagaimana? yang lagi ramai sekarang itu apa?
Pada dasarnya ikan ini membantu untuk meningkatkan pengunjung kalau teman-teman tadi sudah bagus kalau toko-nya sudah bagus supplier bagus produknya bagus variasi semuanya sudah lengkap. Yang seperti aku bilang barusan tadi bahwa ikan itu keren banget. Iklankan di sana seperti itu di satu toko teman-teman tidak usah banyak-banyak. Biar bisa optimal-kan toko, ada 1 toko aja dulu kembangkan dulu kalau sudah ramai toko-nya sudah bisa menghasilkan toko-nya, konsisten hasilnya, anda bisa cari tim untuk mengelola toko tersebut.
Jika anda punya waktu luang anda bangun toko yang kedua, mau bikin 10 toko itu butuh proses kalau bisa satu toko satu tim.
Nah itulah kawan kawan cara menjadi dropship yang sukses, yang tahan lama. Semoga bermanfaat.