DUA KUNCI UTAMA DALAM MEMASARKAN PRODUK BARU
Artikel kali ini saya akan membahas tentang dua kunci utama dalam memasarkan produk baru. Pastikan anda membaca artikel ini sampai akhir karena mungkin saja anda mendapat inspirasi setelah membaca artikel ini sampai akhir.
Belajar berbisnis dan pemasaran adalah hal mutlak yang harus dijalankan atau dilakukan, karena nyawa dari sebuah perusahaan adalah penjualan dan penjualan bisa terjadi jika adanya strategi pemasaran yang baik. Apabila produk yang kita pasarkan adalah produk baru, maka ini yang cukup menyulitkan. Produk baru dengan brand baru yang kita miliki yang akan kita jual maka kita harus bekerja ekstra keras untuk memperkenalkannya kepada masyarakat.
Sebagai contoh Starbucks di Matahari Mall yang baru saja di launching beberapa waktu yang lalu mereka memiliki strategi pemasaran yang luar biasa karena disokong oleh dana yang tidak sedikit yaitu sekitar 5 Triliun Rupiah untuk 5 tahun kedepan. Ketika modal kita masih sangat minim nah apa yang harus kita lakukan?
Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas cara atau strategi jitu, dua langkah utama untuk memasarkan produk baru
KUNCI 1
RISET PASAR
Oke yang pertama riset pasar atau market research sebelum memulai bisnis. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan data tentang produk kita, desain produk yang diminati pasar, kompetitor dan riset pasar.
Semua sangat sangat penting karena jika tidak di reset dengan baik. dari awal maka sama saja kita bunuh diri dari awal. Anda harus melakukan riset pasar dahulu
Apakah ada pasar yang mau menggunakan produk anda?
Banyak sekali kasus yang terjadi pada pengusaha pemula dan masih muda yaitu lebih mengutamakan sikap idealisme yang tinggi sehingga lebih mempertahankan egonya untuk mencapai sebuah kesempurnaan suatu produk tetapi mereka lupa akan kebutuhan pasar.
Terkadang pasar yang akan kita tuju sebenarnya tidak terlalu membutuhkan produk kita.
Yang kedua jeli melihat kebutuhan konsumen artinya anda harus tepat dalam memilih waktu dan tempat. Apakah tempat yang kita jadikan sasaran itu pas untuk produk kita atau tidak. Apakah produk yang kita jual tepat untuk kondisi massa yang bergulir. Kita harus jeli melihat kondisi pasar yang ada. Apakah kebutuhan konsumen meningkat atau menurun kita harus peka terhadap reaksi pasar.
Apakah produk kita layak dari kebutuhan pasar atau tidak? Karena percuma jika produk yang kita buat sudah sangat bagus tetapi ternyata kurang dinikmati pasar. Lebih baik membuat produk yang sederhana tapi sangat dibutuhkan oleh pasar. Ini yang saya maksud in right the place and right time.
Menjual atau memasarkan di waktu dan tempat yang tepat karena di setiap daerah atau pun di waktu tertentu kebutuhan pasar nya pasti berbeda misalnya produk A sangatlah bagus bila dipasarkan di kota B tetapi belum tentu sebaliknya Produk B belum tentu bagus dipasarkan di Kota A.
Kita harus jeli dalam melihat waktu dan tempat yang tepat karena di setiap daerah atau pun di waktu tertentu biasanya pasti berbeda misalnya produk ini pada waktu tertentu bagus pemasaran nya di kota B tetapi di lain waktu kadang penjualan atau pemasaran produknya di Kota B kurang bagus. Sementara pada waktu tersebut di Kota A pemasaran nya bagus, maka kita harus tingkatkan penjualan produk tersebut di Kota A.
Tentukan pasar Anda secara spesifik dan jangan biarkan momentum anda hilang begitu saja. Seberapa pentingkah hal ini? sangat penting karena sebagus apapun produk anda tetapi jika promosinya kurang dan pasar tidak tahu maka percuma saja.
Karena itulah cobalah untuk mempromosikan anda dengan cara yang efektif mulai dari sekarang. Apalagi sekarang zamannya marketing online atau Digital marketing. Anda bisa meminimalisir budget dengan sangat efektif jika menggunakan cara seperti ini.
Berikan pelayanan yang terbaik terbaik kepada konsumen adalah sebuah keharusan dan ingat yang dibahas di artikel ini adalah pelayanan pelayanan dan pelayanan. Pelayanan yang tidak baik maka tentu saja produk anda tidak akan di lirik pasar. Sebaliknya pelayanan yang baik akan menjadikan produk anda laris manis di pasaran.
Itulah dua langkah penting utama dalam memasarkan produk baru. Strategi strategi ini penting bagi anda yang ingin memenangkan pasar dengan produk baru.
Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Saya doakan anda yang akan menjalankan sebuah bisnis dan Anda yang sedang menjalankan sebuah usaha, semoga diberikan kemudahan diberikan kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.