7 Cara membuat bisnis Anda booming extraordinary
Ada 7 hal yang bisa anda lakukan untuk membuat bisnis Anda booming. Kalau anda belajar tentang starting sebuah bisnis, anda saat memulai bisnis Anda mulai belajar sesuatu kemudian misalnya dari pegawai menjadi pengusaha. Yang sebelumnya anda sudah ada sistem, sudah ada aturan, sudah ada yang memikirkan kemudian tidak memikirkan cash flow saat memulai sebuah bisnis.
Bagaimana Cara membuat bisnis Anda booming? Jawabnya adalah
1. Belajar pengetahuan
Ada satu yang membuat anda berbeda yaitu belajar. Semakin banyak anda belajar semakin banyak anda tidak tahu sebetulnya semakin bagus. Artinya semakin banyak kita nggak tahu kita jadi lebih agresif untuk belajar. Apakah bisnis anda lebih kecil lebih besar? semua memiliki kebutuhan yang sama yaitu apa pengetahuan. Knowledge is the new currency. Pengetahuan adalah mata uang baru. Kalau dulu informasi adalah mata uang baru, sekarang pengetahuan adalah mata uang baru.
Apa Satu yang paling penting untuk membangun bisnis kita? Banyak orang memiliki target market yang terlalu general terlalu umum. Apa yang harus anda lakukan?
Buat Daftar Target Market
Buat Daftar Target Market
Kalau anda mau sukses trik pertama adalah Buatlah target market yang sangat sangat spesifik. Bahkan kalau perlu anda membuat target market dalam bentuk Persona. Apa itu Persona? Anda Deskripsikan target market anda dalam bentuk sosok manusia. Carilah customer anda yang paling ideal lalu kemudian anda pecah atau anda bedah manusia tersebut siapa namanya? Ini penting sekali. Siapa namanya? kemudian Berapa umurnya? jangan rank umur tetapi aktual umur.
Misalnya saya
namanya siapa? Tom
Nama lengkapnya? Tom MC ifle
Umurnya berapa? 45 tahun
kemudian profesinya apa? profesional pengusaha,
Punya anak tidak? punya tiga Anak
Umur anak berapa? umur 1 tahun 2 tahun 3 tahun 4 tahun dan seterusnya
Kemudian yang dia inginkan dalam hidup apa? kalau saya yang saya inginkan dalam hidup adalah kontribusi ke masyarakat ke bisnis owner sebanyak mungkin.
Kemudian ketakutannya apa? ketakutan terbesar saya adalah Kalau saya tidak bisa memberi contoh baik untuk anak Saya.
Ketakutan terbesar mereka siapa? apa ketakutan terbesar mereka saat membeli produk Anda? Apa ya ketakutan terbesar dalam memakai produk Anda apa?
Jadi dipecahkan secara lebih detail dan lebih rinci. Jadi bukan hanya sekedar demografi psikografi dan psikologi tapi lebih personal manusianya Seperti apa keinginannya ini yang disebut Persona. Kalau misalnya anda sudah dapat Persona seperti saya menurut anda: apa produk yang membuat saya tertarik? apa kira-kira produk yang bisa membuat saya tertarik? Karena saya takut tidak bisa memberi contoh, bisa nggak jualan alat kesehatan supaya saya bisa panjang umur? bisa tertarik? ya pasti.
Bisa nggak menjual produk yang bisa membantu saya belajar cepat? bisa
Jadi itu adalah teknik-teknik yang sangat sederhana sangat simpel memang. Mungkin sifat nya tidak terlalu umum tetapi sangat powerfull. oke itu cara pertama sekarang cara kedua
Segmentasi pasar
Segmentasi pasar
Kita melakukan segmentasi pasar jadi yang pertama jangan cari target market yang umum tapi cari target market yang sangat spesifik. Bila perlu satu orang yang mewakili target market anda yang
Mendengarkan Kaset atau audiobook
Mendengarkan Kaset atau audiobook
Kedua saya dapat ilmu ini dari berat juga yang mengatakan bahwa bisnis owner yang mendengarkan kaset atau audiobook setiap hari 50% lebih mampu bersaing daripada yang tidak pernah mendengarkan audio CD. Sama seperti anda sekarang dengan layar Saya 50% dari orang yang mendengarkan life seperti ini mereka memiliki kecerdasan yang jauh lebih dahsyat daripada yang nggak pernah mendengarkan audio book show
2. improve your business analyst
trik yang kedua adalah improve your business analyst. Perbaikilah tambah ilmu tambah ilmu tambah ilmu bisnis apapun caranya sekarang sudah enak ada YouTube ada podcast ada macam-macam ada bisa belajar segala macam dengan harga yang sangat murah. Lebih bagus lagi kalau anda mengikuti sebuah seminar banyak juga seminar murah menarik ya tentunya harga seminar bergantung dari apa yang diberikan dia makin mahal tentunya pasti makin berkualitas.
3. investigasi pasar
Kalau saya coaching biasanya nomor 1, PR yang saya minta kepada bisnis owner adalah turun lapangan investigasi pasar kalau perlu melihat kompetitor kita melakukan apa-apa yang mereka bagus apa yang kita kurang bagus kita beri kita cari perbedaannya.
4. service plus one (Bonus pelayanan)
service plus one adalah kalau anda sudah punya bisnis selalu service plus one. Service plus one atau produk plus one. Setiap kali memberikan pelayanan atau setiap kali anda memberikan produk anda harus ada extra satu yang menjadi surprise untuk customer. Apapun itu bentuknya misalnya kalau kasih nomor anda minta diantar ada janji jam 9 Anda datang jam 8 itu sudah service plus one.
Anda jualan satu produk, anda berikan extra bonus 1 sampel itu udah service Plus one. Biaya servis plus one
5. Belajar Keuangan
Yang keempat adalah belajar Keuangan. Keuangan adalah bahasanya bisnis makin kuat keuangannya semakin anda bisa membangun bisnis secara lebih intensif, lebih agresif dan lebih berbobot. financial knowledge atau pengetahuan tentang keuangan akan membuat bisnis anda booming.
6. Networking
Lalu yang berikutnya adalah networking. Networking adalah aktivitas yang harus menjadi rutinitas. If you are not networking you are not working, If you're not networking you are not working. Anda tidak melakukan networking anda tidak bekerja beda dengan turun lapangan. Jika anda turun lapangan itu bukan networking turun lapangan artinya anda menemukan tren yang terjadi di market. sementara Networking adalah anda mencari teman baru bergaul dengan orang yang lebih sukses dari anda dan membuat mereka mau berteman dengan anda dan networking tidak selalu harus jadikan senior. misalkan nggak bisa jadi teman belajar bisa jadi teman ngobrol, bisa jadi suatu hari dia mengajarkan kita sesuatu hal yang baru, kenapa tidak? atau bahkan bisa jadi partner bisnis.
7. Continuous improvement ( memperbaiki dan belajar)
kemudian memperbaiki atau belajar tentang continuous improvement. Belajar tentang teori continuous improvement. apa yang bisa anda lakukan untuk melakukan perbaikan yang berkesinambungan kalau di Toyota namanya Kaizen kalau di bisnis anda mungkin anda belajar tentang quality control improve. Quality control di bisnis anda supaya anda bisa mengimprove produk anda. oke silakan komen kalau Anda punya
terimakasih telah membaca artikel tentang 7 Cara membuat bisnis Anda booming extraordinary semoga bermanfaat